Blog share curahan isi hati, unek-unek karena kebanyakan nonton drama korea


Tanda Tanda, Gejala Diabetes Melitus ! Baca Sebelum Terlambat !

Tanda Tanda, Gejala Diabetes Melitus. Setiap orang tentu saja menginginkan tubuh yang selalu sehat. Namun tidak selama nya ketahanan tubuh nya akan terus tetap terjaga. Namun terkadang setiap orang terkadang tidak menyadari terhadap penyakit yang menyerang secara perlahan pada tubuhnya. Salah satu penyakit yang menyerang tubuh secara perlahan yaitu diabetes melitus. Oleh sebab itu kita harus mengenali gejala diabetes melitus sejak dari sekarang.

Diabetes melitus atau yang sering dikenal dengan sebutan kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat menyerang siapa saja. Baik wanita maupun laki – laki, baik yang sudah tua maupun yang masih muda. Diabetes melitus terjadi karena terjadinya karena adanya gangguan pada sistem kerja insulin di dalam tubuh. Kerja insulin yang tidak terkontrol inilah yang menyebabkan kadar gula di dalam darah menjadi meningkat. Pada saat terjadinya penyakit ini tubuh pasien tidak bisa merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

Tanda Tanda, Gejala Diabetes Melitus

Gula memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yang berupa karbohidrat. Seperti yang telah diketahui bahwa karbohidrat atau gula merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Namun apabila kadar gulanya melebihi normal maka dapat menyebabkan sistem metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak terkendali. Sehingga menyebabkan tubuh menjadi sakit atau terserang diabetes. Biasanya diabetes melitus ini juga bisa disebabkan oleh adanya faktor keturunan maupun pola makan yang tidak sehat.

Waspadai Gejala Diabetes Melitus Sejak Dini

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat membunuh orang secara perlahan. Mungkin sebagian orang hanya beranggapan bahwa penyakit kencing manis ini hanya penyakit biasa seperti penyakit yang lainnya yang diobati dengan obat saja. Namun lebih baik kita tetap harus waspada dari sekarang supaya dapat terhindar dari penyakit yang satu ini. Oleh sebab itu untuk mencegahnya kita harus mengenali gejala diabetes melitus terlebih dahulu. Berikut beberapa gejala dari diabetes melitus yang perlu diwaspadai:

Mudah merasa lelah

Tanda Tanda, Gejala Diabetes Melitus

Gejala awal yang harus dihadapi bagi penderita diabetes melitus ini adalah tubuh yang sering merasakan lelah. Meskipun pada umumnya orang tersebut tidak melakukan pekerjaan yang berat, tapi sering merasakan lelah, letih, dan lesu. Hal tersebut disebabkan oleh hormon insulin didalam tubuh yang sudah tidak aktif lagi. Apabila tubuh Anda mengalami sering merasa lemas maka segeralah periksakan ke dokter. Siaga sejak awal lwbih baik dibandingkan mengobati ketika sudah sangat kronis.

Sistem kekebalan tubuh menurun

Sistem kekebalan tubuh penderita diabetes ini akan menurun karena insulin yang sudah tidak bekerja lagi didalam tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh sudah menurun dan melemah maka penderita akan mudah terserang penyakit lainnya. Jika penderita tersebut mengalami luka juga akan cukup sulit untuk mendapatkan kesembuhan dari luka tersebut.

Berat badan menurun

Mungkin bagi sebagian orang berat badan yang menurun merupakan kebahagiaan tersendiri terutama bagi kaum wanita. Namun apabila penurunan berat badannya tersebut terlalu drastis maka patut untuk diwaspadai. Jika badan mengalami penurunan berat badan secara tidak wajar maka segeralah memeriksakan ke dokter. Penurunan berat badan yang drastis tersebut akibat pembakaran cadangan lemak di dalam tubuh. Pembakaran tersebut dilakukan supaya tubuh tetap mendapatkan energi akibat insulin yang sudah aktif.

Kulit penderita bermasalah

Tanda Tanda, Gejala Diabetes Melitus

Gejala lainnya yang perlu diwaspadai adalah terkait kulit yang bermasalah. Gejala yang satu ini mungkin untuk awalnya akan sulit untuk terdeteksi. Kulit penderita diabetes melitus ini akan terlihat kering, gatal, bersisik, dan mengalami iritasi. (www.ayuni.web.id)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda Tanda, Gejala Diabetes Melitus ! Baca Sebelum Terlambat !

0 comments:

Post a Comment