Manfaat Jambu Darsono atau Jambu Bol. Pernah kah kalian mendengar nama buah yang satu ini? Yap jambu darsono atau bol. Kebanyakan kalangan muda mudi saat ini kurang mengenal dengan yang namanya jambu darsono. Padahal, sewaktu penulis masih berumur  5 tahun, jambu darsono bisa ditemukan di depan rumah-rumah. Namun saat ini, kita akan sulit menemukan pohon jambu darsono ini. Jangankan menemukan pohonnya, menemukan buah nya atau orang yang menjual jambu darsono terbilang langka. Sekilas jika kita mendengar istilah jambu air, pastinya pikiran kita akan memvisualisasikan jambu air yang berwarna hijau yang sering kita temui.

Manfaat Jambu Darsono atau Jambu Bol

Perbedaan Jambu Darsono dengan Jambu Air

Perbedaan mencolok antara jambu darsono dengan jambu air biasa adalah daun pohon jambu darsono memiliki ukuran yang lebih lebar,namun dia memiliki ukuran pohon yang lebih kecil dibandingkan jambu air biasa. Bunga dari jambu darsono biasanya berwarna merah muda, dan ketika jambu darsono sudah matang  warna nya akan berubah menjadi merah hati. Jambu darsono yang memiliki nama inggris malay apple ini juga biasa disebut jambu bol (bahasa melayu atau jambu jamaika. Jambu darsono biasanya memiliki aroma wangi pada buahnya dan memiliki tekstur daging yang lembut dan padat daripada jambu air biasa.

Hal-hal tersebut yang membuat orang pada umumnya lebih cenderung menyukai jambu darsono daripada jambu air biasa. Jambu darsono banyak kita temui di negara negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia,malaysia bahkan kita bisa menemukannya di beberapa negara di afrika.

Manfaat Jambu Darsono atau Jambu Bol

Seperti kebanyakan buah pada umumnya jambu darsono juga di klaim memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan , bahkan ada beberapa mitos menarik seputar manfaat jambu darsono ini kita. Jambu darsono seperti jambu pada umumnya memiliki kandungan vitamin C dan A. Kita ketahui bahwa kandungan vitamin C pada tubuh baik untuk memperbaiki jaringan sel kulit, mencegah bibit / sel kanker, mencegah naik nya tekanan darah, menurunkan resiko terjadinya serangan jantung. Sedangkan vitamin A kita ketahui sendiri dapat berfungsi sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang terdapat dalam tubuh kita.

Selain itu menurut beberapa ahli kesehatan, jambu darsono memang sangat baik untuk kesehatan jika kita memakannya. Selain mengandung vitamin A dan C, jambu darsono diyakini mampu mengontrol kadar gula di dalam tubuh kita. Hal tersebut terjadi karena alkaloid yang terkandung dalam jambu darsono berfungsi sebagai penghalang dan pengatur konversi pati menjadi gula.

Manfaat Jambu Dersono atau Jambu Bol

Selain pengatur kadar gula dalam tubuh kita, jambu darsono juga bermanfaat pada pencernaan kita,menghilangkan sembelit dan dapat juga sebagaai obat untuk pencegah diare.Biasanya ibu ibu yang sedang hamil cenderung memilik hasrat untuk memakan makanan yang asam.  Jambu darsono ini diyakini juga berkhasiat bagi ibu ibu yang sedang hamil karena kandungan vitamin A nya yang berlimpah.  Melahap 1 kilo gram jambu air perhari maka ibu-ibu hamil akan memenuhi kebutuhan vitamin A mereka ketika hamil.  Ada mitos unik terkait jambu darsono ini, yaitu diyakini sebagai buah yang berguna untuk tolak bala.

Cara Mendapatkan Jambu Darsono

Dengan berbagai macam khasiat yang terkandung di dalamnya, tidak membuat jambu darsono ini mudah didapatkan. Saat ini , fakta nya kita  akan sedikit susah menemukan orang yang berjualan jambu darsono. Tidak seperti di tahun 90-awal 2000an yang pada saat itu kita masih banyak menemui pohon-pohon jambu darsono berdiri kokoh di depan rumah-rumah dan bahkan banyak yang tumbuh liar di pinggir jalan.

Namun saat ini, entah mengapa kita memang sedikit susah untuk mendapatkan jambu darsono ini. Mungkin karena efek dari pohon jambu darsono yang memiliki daun lebat sehingga mudah mengotori halaman rumah kita, atau biasanya pohon jambu akan sangat mudah terserang hama-hama seperti codot atau ulat bulu. Mungkin ada berbagai pertimbangan tersendiri bagi orang-orang yang akhirnya beberapa tahun terakhir ini mulai jarang mencoba menananm pohon jambu darsono di pekarangan atau halaman rumahnya.

Jika kalian ingin mencoba membeli jambu darsono, biasanya buah ini cukup banyak dijual di pasar tradisional jika sedang musim panen atau saat musim hujan. Untuk harga sendiri, harga jambu darsono dari waktu ke waktu cenderung naik. Hal ini disebabkan juga oleh langka nya kita memperoleh jambu ini dan juga pohon jambu darsono yang jarang di kembangkan oleh masyarakat. Untuk 1 kilogram jambu darsono biasanya para penjual mematok harga di kisaran 30 ribu sampai 50 ribu per kilo. Untuk ukuran buah jambu memang harga tersebut cukup mahal. Apalagi jika kita bandingkan dengan jambu jambu air yang sejenis dengan jambu darsono. Namun dengan segala manfaat yang diberikan oleh jambu darsono harga tersebut bukanlah harga yang fantastis dan yang susah untuk dibayar oleh kalangan masyarakat.

Tertarik untuk mencoba jambu darsono?


EmoticonEmoticon