Tips Memulai Bisnis Untuk PemulaBerbicara tentang bisnis, tentu setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Ada orang yang beranggapan bahwa bisnis merupakan hal yang sangat beresiko, dan ada pula yang menganggap bisnis itu merupakan tantangan yang harus dicoba. Tidak sedikit orang yang rugi karena bisnis, hal itu memang benar. Namun setiap bisnis pasti memiliki resiko, dan resiko tersebut akan lebih besar jika bisnis yang dijalankan juga besar. Tetapi bukan berarti kita harus takut untuk memulai bisnis, karena bisnis itulah yang bisa menjadikan diri kita sukses atas semua pencapaian yang sudah kita lakukan.

Sebenarnya, untuk orang yang sudah lama berkecimpung didunia bisnis, resiko didepan mata bukanlah suatu pengahalang bagi mereka untuk mencapai kesuksesan. Karena dengan resiko itulah akan membuat seseorang menjadi lebih berhati-hari dan berwaspada terhadap setiap langkah yang dilakukannya. Jadi buat apa takut dengan resiko, namun pada akhirnya resiko itulah yang akan menuntun diri kita pada keberhasilan yang lebih nyata.

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

Salah satu perbedaan mendasar dari setiap orang dalam berberbisnis adalah orang yang berani berinvestasi, baik itu dari investasi uang, investasi pikiran atau tenaga demi masa depan. Sehingga suatu saat nanti dengan invetasi yang sudah mereka lakukan, mereka tidak perlu bekerja namun sudah memiliki banyak uang yang selalu mengalir setiap saat. Jadi mereka tidak perlu bersusah payah dilain waktu.

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

Setidaknya tips yang akan disampaikan dibawah ini, bisa menjadi acuan dasar jika anda memang seorang pemula yang ingin mencoba menceburi bisnis. Jadi langsung saja untuk menyimak 5 tips yang akan saya sampaikan dibawah ini :

1# Tentukan Bidang Yang Ingin Ditempuh

Jadi tips memulai bisnis yang pertama adalah anda menentukan tujuan terlebih dahulu, hal ini bisa disesuaikan dengan minat, bakat dan hobi anda. Maka ketika bisnis yang anda ceburi merupakan hobi anda, maka anda pun akan merasakan nyaman dan bahagia ketika akan melakukan setiap tindakan.

Kebanyakan orang yang sukses di dunia saat ini adalah orang yang memulai bisnisnya dari sebuah hobi. Mulai dari hobi coding, memasak, berkebun, hobi menulis dan banyak lagi. Dari situlah kunci kesuksesan akan terbuka walaupun diri kita tidak membuka pintu tersebut.

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula dari Hobby

Awali dari Hobi dan Kesukaan

Mungkin anda bingung untuk memulai bisnis apa yang sesuai dengan diri anda. Langkah awal coba anda pahami aktifitas apa yang menjadi favorit anda, kemudian pahami apakah hobi yang anda miliki memiliki peluang bisnis didalamnya? Contohnya, jika anda memiliki hobi merancang atau deasin fashion. Anda suka membubuhkan model baru dalam setiap karyamu, maka cobalah untuk menekuni bidang ini hingga mahir lalu gunakan hobi ini sebagai peluang bisnis.

2# Pelajari Terlebih Dahulu Tentang Bisnis

Belajar merupakan hal mutlak bagi setiap manusia yang dilakukan sejak lahir hingga akan mati kelak. Dengan belajar akan membuat seseorang menjadi lebih tahu dari apa yang sebelumnnyaa belum di ketahui atau di pelajari. Sama halnya dengan berbisnis, anda perlu belajar sebelum anda menceburinya.

Ada berbagai cara yang dapat anda tempuh untuk belajar bisnis, misalnya dengan cara otodidak. Dengan cara otodidak anda dapat memanfaatkan berbagai sumber referensi seperti ebook, internet, buku dan belajar dari pengalaman yang sudah pernah dilakukan. Cara yang kedua adalah dengan belajar melalui forum. Forum merupakan tempat belajar bisnis yang paling bagus, namun jika anda menginginkan hasil yang lebih maksimal kedepannya anda dapat menggunakan pembelajaran secara langsung dengan bertemu dengan guru atau orang yang lebih berpengalaman di bidangnya.
Yuk Baca: Kisah Sukses Pelaku Usaha Rumahan Jadi Jutawan

3# Gunakan Uang Yang Anda Miliki Untuk Memperbanyak Diri

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula Investasi Diri

Tips memulai bisnis untuk pemula yang ketiga ini dapat anda lakukan jika anda sudah memiliki tujuan yang kuat dan materi pembelajaran yang baik tentang bisnis yang akan anda tekuni. Gunakan uang yang anda miliki sebagai modal, dan jangan pernah takut untuk mengeluarkan modal. Bisnis merupakan investasi yang sangat cepat pertumbuhannya. Maka dari itu, diperlukan ilmu yang cukup agar modal yang anda keluarkan nanti tidak sia-sia. Jika anda sudah memiliki cukup ilmu dalam bisnis, percayalah bahwa pengelolaan yang anda lakukan secara baik akan menjadikan anda sukses.

Berbicara tentang modal, maka tidak melulu mengatakan tentang uang, modal dapat anda keluarkan dari ide pikiran, kerja keras, motivasi tinggi dan sikap pantang menyerah. Uang bukanlah modal utama, tanpa ide, tenaga dan motivasi, modal uang tidak bisa membawa kesuksesan begitu juga sebaliknya.

4# Pahami Kekurangan dan Kelebihan Yang Anda Punya

Ini merupakan poin penting dalam memulai bisnis yang berasal dari diri kita sendiri. Bagaimanapun juga kita harus berusaha sesuai dengan batasan yang kita miliki. Jangan pernah mengurangi atau melampaui kemampuan yang anda miliki, jika anda rasa masih mampu maka lakukanlah. Namun jika anda rasa kurang mampu meskipun sudah banyak hal yang anda pelajari, mungkin anda memang tidak ditakdirkan berbakat disana.

Setiap orang memang diciptakan dengan kemampuan dan kekurangan masing-masing demi keharmonisan hidup bersosial. Jika anda tidak mampu untuk menekuni dalam suatu bidang, mungkin kesuksesan anda bukan disitu, melainkan di bidang yang lain.

Kelebihan yang anda miliki saat ini sebaiknya anda optimalkan agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Jangan hanya melulu berfikir tentang kekurangan anda, karena jika hanya memikirkan tentang kekurangan yang anda miliki saart ini, maka selamanya kita tidak akan bisa bangkit. Namun jangan juga terlalu membanggakan diri, karena jika terlalu berlebihan hal ini akan menimbulkan sifat sombong.

5# Lawan Egomu

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula Lawan Egomu

Tips memulai bisnis yang terakhir adalah dengan melawan ego yang kamu miliki. Buatlah rekor atas pencapaian dari diri sendiri, lalu buatlah diri anda agar bisa melebihi rekor dari hari sebelumnya. Dengan demikian anda tidak merasa bangga dan cepat puas dengan pencapaian kita. Justru kita akan semakin terpacu untuk berusaha agar lebih baik lagi dari rekor yang pernah di capai sebelumnya.

Ego seseorang biasanya akan terlalu sibuk melihat apa yang dikerjakan oleh pesaing atau kompetitor kita. Melihat kemajuan pesaing itu perlu, namun daripada anda sibuk mengurus pesaing anda, sebaiknya gunakan waktu itu untuk memperbaiki diri agar berkembang lebih baik. Jangan juga terlalu cepat puas dengan hasil kerja yang sudah anda lakukan, karena hal ini akan melengahkan anda. Disisi lain mungkin saja pesaing anda sedang berusaha untuk mengalahkan anda dilain kesempatan.
Artikel lainnya: Cara Memulai Reseller Online Shop untuk Pemula

Penutup :

Untuk memulai bisnis memang diperlukan beberapa hal yang saling berkaitan diantaranya 5 tips memulai bisnis yang sudah saya rangkum diatas tadi. Perlu anda tahu bahwa diluar sana sudah banyak pesaing yang sudah memulai, menggeluti bisnis atau bahkan menunggu anda. Jadi hal yang anda perlu lakukan saat ini adalah persiapkan diri untuk melawan pesaing.


EmoticonEmoticon